BERITA OTORITAS PELABUHAN

Pelabuhan Tanjung Priok Hindari KKN dengan Menyusun SOP Pelayanan Bersama

By : Kategori : Pelabuhan Tanjung Priok 11 Nov 2019 11:05:39


Selasa (5/11) Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menyelenggarakan acara Penandatanganan SOP Pelayanan dan pengawasan Kapal, Barang, Penumpang dan Awak Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. Ini merupakan langkah dan bukti komitmen bersama seluruh Instansi Pemerintah dan Badan Usaha Pelabuhan khususnya pada wilayah Pelabuhan Tanjung Priok untuk mencapai tujuan bersama untuk mewujudkan penyelengaraan dan pelayanan Pemerintah yang baik, dengan prinsip good governance bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).


Dalam Kata sambutannya, Capt. Hermanta mengatakan “Di era Revolusi Industri 4.0 kami seluruh Instansi Pemerintah dan Badan Usaha Pelabuhan berkomitmen dalam pembenahan pelayanan Publik khususnya untuk proses Pelayanan dan pengawasan Kapal, Barang, Penumpang dan Awak Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok akan menggunakan Sistem Teknologi Informasi untuk membangun keterpaduan sistem pelayanan publik yang terintegrasi dengan mengacu pada proses bisnis yang memiliki (service level standard/SLS)”

 

Saat ini di Pelabuhan Tanjung Priok untuk proses pelayanan kapal dan barang telah mengunakan Sistem berbasis Internet seperti :

a. Inaportnet yaitu Sistem yang digunakan oleh Pengguna jasa (Agen Pelayaran, Perusahan Bongkar Muat, Perusahan Jasa Taransportasi dan Terminal Operator);

b. SIMPADU yaitu Sistem layanan kapal dan barang di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok;

c. SPS Online yaitu Sistem layanan kapal dan barang di Kantor Syahbadar Utama Tanjung Priok;

d. INSW yaitu Sistem layanan kapal dan barang pada Kantor Bea dan Cukai;

e. VMS yaitu Sistem layanan kapal dan barang pada Badan Usaha Pelabuhan (PT. Pelindo II Persero);

f. Serta Pelayanan kapal melalui Vessel Traffic System (VTS) sebagai langkah digitalisasi Pelabuhan untuk mengatur lalu lintas kapal yang berada di perairan Pelabuhan Tanjung Priok guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pelayaran yang di Operasikan oleh Kantor Navigasi kelas 1 Tanjung Priok;

g. Marine Operting System (MOS) Palayanan penyadaran kapal melalui pemanduan sehingga waktu tunggu kapal sandar lebih singkat dan cepat;

h. SIMPONI yaitu Sistem Pelayanan pembayaran atas Jasa Penerimaan Negara Bukan Pajak PNBP secara online pada Kemeterian Keuangan.


Berita Lainnya

Pemberian Apresiasi dan Penghargaan kepada Kapal Last Call Ship 2024 dan First Call ship 2025
23 Jan 2025 08:49:50

Menko Infrastruktur dan Menhub Lepas Keberangkatan KM Labobar di Pelabuhan Tanjung Priok
23 Jan 2025 08:35:07

200 Peserta Mudik Gratis Berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Maumere
23 Jan 2025 08:19:28

Berita Terpopuler

Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Terima Penghargaan Sebagai Wilayah Bebas Korupsi
 Dilihat 5664 kali

OTORITAS PELABUHAN TANJUNG PRIOK RAJAI KOMPETISI JINGLE DITJEN HUBLA
 Dilihat 3597 kali

OP TANJUNG PRIOK IKUT 12 KAWASAN PELABUHAN LAUT DAN BANDAR UDARA DEKLARASIKAN KOMITMEN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS
 Dilihat 3578 kali

Kategori Berita

i